Renstra Sekolah

Visi SMA Negeri 1 Sapuran

Terwujudnya Insan yang Beriman, Cerdas dan Berwawasan Lingkungan
yang Berakar pada Budaya Bangsa

Misi SMA Negeri 1 Sapuran

  1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan pembimbingan siswa.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghadapi era global.
  4. Mengupayakan terwujudnya warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya pengelolaan, perlindungan dan pelestarian lingkungan melalui tata kelola sekolah.
  5. Mewujudkan sekolah peduli lingkungan yang berakar pada budaya bangsa.

Tujuan  Sekolah

Untuk mewujudkan Visi tersebut diatas SMA Negeri 1 Sapuran menyusun beberapa tujuan sekolah yaitu :

  1. Memberikan pelayanan belajar yang efektif dengan didukung sumber-sumber belajar yang memadai.
  2. Melaksanakan program remidial teaching dan pengayaan secara terprogram dan berkelanjutan.
  3. Memberikan pelajaran tambahan pada mata pelajaran yang diujikan secara nasional kepada siswa kelas XII.
  4. Meningkatkan efektivitas kegiatan ekstra kurikuler penunjang tiori sebagai upaya untuk mengaplikasikan mata pelajaran tertentu dalam bentuk kegiatan yang menekankan pada penguasaan sikap maupun ketrampilan.
  5. Memberikan motivasi kepada guru dan karayawan untuk aktif dan peka terhadap perkembangan pendidikan yang selalu mendukung kedinasan dan peningkatan profesional sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa.
  6. Mengkoordinasikan pembinaan mental spiritual yang berkesinambungan dengan lingkungan masyarakat sekitar.
  7. Mengajak orang tua siswa untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan dalam bidang sikap, mental dan rasa tanggung jawab terhadap diri dan orang lain.
  8. Memberikan wahana pembinaan siswa bidang non akademis yang berfungsi untuk mengembangkan sikap berwira usaha melalui kegiatan ekstra kurikuler.
  9. Menyediakan wahana komunikasi dan koordinasi antara sekolah, orang tua, masyarakat dan instansi terkait untuk menunjang terlaksananya program sekolah secara lancar dan sukses.
  10. Selalu berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya efektivitas belajar baik akademis maupun non akademis.

Rencana Strategis :

Berdasarkan pada visi dan misi tersebut SMA Negeri 1 Sapuran menetapkan rencana strategis yang hendak dicapai sampai akhir tahun pelajaran sebagai berikut:

  1. Rata-rata Nilai Ujian Akhir Nasional sebesar 6,50
  2. 25% tamatan sekolah diterima di Perguruan Tinggi
  3. Kegiatan ekstra kurikuler dalam cabang Olah Raga dan Seni mampu bersaing dengan menyumbangkan piagam, piala, maupun medali kejuaraan di tingkat kabupaten sebagai juara 1, 2 atau 3.
  4. Tamatan sekolah yang tidak melanjutkan mempunyai sikap dan atau ketrampilan untuk dapat aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan mempunyai sikap berwira usaha secara mandiri.
  5. Sekolah menghasilkan tamatan yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.
  6. Jumlah rombel dan siswa yang dapat mencapai 21 rombel dengan jumlah siswa  secara stabil dan tetap menjamin peningkatan mutu pendidikan.
  7. Nilai Organisasi

Nilai Organisasi :

Nilai-nilai yang diterapkan di SMA Negeri 1 Sapuran mengacu pada tata nilai budaya kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu:

  • Memiliki Integritas, yaitu adanya keselarasan antara pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Indikator: konsisten dan teguh menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dalam tindakan, jujur dalam segala tindakan, berpikir positif, arif, dan bijaksana dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

  • Kreatif dan Inovatif, yaitu memiliki kemampuan untuk menciptakan hal baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat).

Indikator: memiliki pola pikir, cara pandang yang variatif terhadap suatu permasalahan serta mampu menghasilkan karya baru, selalu melakukan penyempurnaan, bersikap terbuka, berani mengambil terobosan, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien.

  • Inisiatif, yaitu kemampuan seseorang untuk bertindak melebihi yang dibutuhkan atau yang dituntut dari pekerjaan.

Indikator responsif melayani kebutuhan stakeholder, bersikap proaktif terhadap kebutuhan organisasi, memiliki dorongan mengidentifikasi masalah dan mampu mengambil tindakan.

  • Pembelajar, yaitu selalu berusaha untuk mengembangkan kompetensi dan profesionalisme.

Indikator: berkeinginan memperluas wawasan, mengambil hikmah dari suatu kesalahan, berbagi pengetahuan dengan rekan kerja.

  • Menjunjung meritrokasi, yaitu menjunjung tinggi keadilan dalam pemberian penghargaan bagi karyawan yang kompeten.

Indikator: berkompetisi secara profesional, memberi kesempatan yang setara, memberi penghargaan dan hukuman yang proporsional, tidak sewenang-wenang, tidak mementingkan diri sendiri.

  • Terlibat aktif, yaitu senantiasa berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Indikator: terlibat langsung dalam setiap kegiatan untuk mendukung visi misi organisasi, memberi dukungan kepada rekan kerja.

  • Tanpa pamrih, yaitu bekerja dengan tulus ikhlas dan penuh dedikasi.

Indikator: penuh komitmen dalam melaksanakan pekerjaan, rela membantu pekerjaan rekan kerja, menunjukkan sikap 4S (senyum, sapa, sopan, dan santun).