Rencana Pembangunan Gedung Serba Guna SMA Negeri 1 Sapuran

Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 saat pengambilan Rapor Semester I ada orang tua yang melaporkan bahwa putranya terjatuh terkena besi saat olahraga di lapangan basket. Laporan tersebuta didengan yang lain, ternyata putranya mengalami hal yang sama. Akhirnya mereka mengusulkan supaya pembangunan Gedung Serba Guna segera dilanjutkan atau paling tidak jika belum ada dananya, besi-besi yang berada di lapangan basket untuk dibenahi. Usulan tersebut saat itu belum bisa ditindaklanjuti, mengingat seleh masuk Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020, bulan Maret 2020 terjadi Pancemi Covid-19. Seluruh aktivitas pembelajaran menggunakan sistem Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) dan sekolah merasa kesulitan mengumpulkan/berkomunikasi dengan semua orang tua peserta didik.

Tampak depan dari sisi utara

Image 1 of 5

Dokumentasi SMA N 1 Sapuran —- klik tombol next untuk melihat gambar lainnya.

Maka baru pada tanggal 18 November 2020, sekolah berusaha menghubingi Komite Sekolah untuk bermusyawarah membahas usulan kelanjutan pembangunan Gedung Serba Guna yang sudah tertunda 10 tahun. Dalam musyawarah yang dihadiri semua anggota Komite Sekolah dan pihak sekolah, dibahas hal-hal sebagai berikut:

  1. Grand Desaing Maket SMA Negeri 1 Sapuran telah digagas oleh Drs. Danang Kusumanto, M.Si. ketika beliau menjadi Kepala Sekolan (2003-2007). Dalam grand design tersebut telah direncanakan pembangunan gedung serba Guna.
  2. Ketika Kepala Sekolah dijabat oleh Drs. Fatchurrozak, M.Si. (2007-2012) rencana Pembangunan Gedung Serba Guna SMA Negeri 1 Sapuran ditindaklanjuti. Sebagai komitmen terhadap rencana pembangunan Gedung Serba Guna tersebut, sekolah telah menganggarkan biaya sebesar Rp. 90.000.000,- sebagai dana awal.
  3. Sebelum terealisasi pembangunan gedung serba guna tersebut, terjadi mutasi alih tugas kepala sekolah. Sehingga peletakkan batu pertama yang berupa pemasangan pondasi cakar ayam tidak bisa dilakukan saat itu. Baru kemudia pada masa kepala sekolah berikutnya yang dijabat oleh Drs. Karyono, MM. kegiatan tersebut bisa dilaksanakan.
  4. Setelah terpasang pondasi cakar ayam, sampai dengan tahun 2020 tidak ada perkembangan kelanjutan pembangunan Gedung Serba Guna tersebut. Bahkan menimbulkan masalah, antara lain: besi yang sudah terpasang sering melukai siswa yang sedang berolahraga di tempat tersebut, alat-alat olahraga seperti bola basket sering rusak terkena besi yang terpasang dan tempat tersebut sangat membahayakan bagi anak-anak/masyarakat sekitar, jika sore hari atau hari libur bermain-main di sekitar tempat tersebut.
  5. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan siswa dan masyarakat yang sedang beraktifitas di tempat tersebut, serta untuk mencegah kerusakan alat-alat olahraga, maka besi yang terpasang ditutup sementara dengan pasir dan semen acmpuran ringan, dengan harapan bila suatu saat pembangunan dilanjutkan mudah untuk dibongkar.
  6. Jika tidak dilanjutkan pembangunan gedung tersebut ada beberapa kerugian antara lain: dana Rp. 90.000.000,- terbuang percuma, membahayakan peserta didik dan warga sekolah lain serta membahayakan masyarakat sekitar yang sering memanfaatkan tempat tersebut.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas, serta usulan beberapa orang tua siswa, musyawarah memutuskan Komite Sekolan bersama sekolah sepakat untuk melanjutkan Pembangunan Gedung Serba Guna SMA Negeri 1 Sapuran, dan sepenuhnya ditangani oleh Komite Sekolah dan perwakilan orang tua siswa.

Peruntukan Gedung Serba Guna ini jika sudah selesai dapat digunakan untuk aktifitas olahraga siswa seperti bola basket, futsal, bola volly, bulu tangkis maupun senam serta aktifitas non olahraga seperti pentas seni, parade band, karawitan, drama, wisuda siswa dan pertemuan orang tua.

Demikian rencana kelanjutan pembangunan Gedung Serba Guna SMA Negeri 1 Sapuran, yang merupakan aspirasi sebagian orang tua/wali peserta didik, yang kemudian ditindaklanjuti dengan musyawarah Komite Sekolah dan pihak sekolah. Kepada orang tua/wali yang telah memberikan usulan serta semua otang tua/wali yang akan membantu terwujudnya kelanjutan pembangunan Gedung Serba Guna tersebut, sekolah mengucapkan sangat terima kasih, teriring ucapan semoga ini menjadi amal baik Bapak/Ibu. Dan semoga adanya gedung serba guna tersebut akan menjadi kebanggaan SMA Negeri 1 SApuran dan masyarakat sekitar. Aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *