Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMA Negeri 1 Sapuran Tahun 2020 berlangsung lancar

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui Pengawas SMA melakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) pada hari Selasa, 8 Desember 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Multimedia dengan dihadiri pengawas SMA Kabupaten Wonosobo, Drs. Danang Kusumanto, M.Si., bersama Kepala SMA Negeri 1 Sapuran, Drs. Khusnan, M.Pd.I. serta semua wakil kepala sekolah bersama timnya.

Dalam hal ini, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang baik dan benar bisa dijadikan sebagai acuan bagi pengambil kebijakan atau pemangku kepentingan untuk menetapkan pengembangan karir, periodisasi dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Komponen butir instrumen PKKS yang dinilai berupa komponen managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan, pelaksanaan tugas tambahan, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan kegiatan penunjang. Semua butir instrumen harus dilengkapi dengan data dan laporan hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah.

Standar pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu unsur strategis dalam peningkatan mutu.  Fokus utamanya adalah bagaimana meningkatkan kemampuan professional kepala sekolah/madrasah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan.  Oleh karena itu, perkembangan mutu perlu dipetakan secara berkala sehingga terwujud profil kepala sekolah berbasis data hasil pengukuran. Penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Atas dukungan dari semua pihak baik guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, orangtua siswa, dan siswa. Dari isian instrumen PKKS yang dilengkapi dan sudah dinilai dari tim penilai pengawas SMA maka bisa dikatakan kegiatan PKKS berjalan dengan lancar dan sukses.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *