SMA Negeri 1 Sapuran Gelar Simulasi ANBK Tahun 2023

SMA Negeri 1 Sapuran, Kabupaten Wonosobo menggelar Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023. Simulasi yang digelar di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Sapuran digelar selama dua hari dari Rabu 2 sampai Kamis 3 Agustus 2023 diikuti oleh 45 siswa kelas XI yang terdiri atas 40 peserta utama dan 5 peserta cadangan.

Kepala SMA Negeri 1 Sapuran, Eko Puji Sumaryanto, S.Pd., M.Pd.  mendukung penuh simulasi ANBK serta berharap bahwa kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk memberikan gambaran atau arah perkembangan sekolah dan meningkatkan kemampuan siswa melalui simulasi pengerjaan soal. Soal-soal ANBK terdiri atas dua materi dasar, yaitu literasi  dan numerasi

Kepala sekolah mengatakan bahwa simulasi bertujuan, untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK yang berupa soal AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Selain itu, dengan simulasi ini diharapkan peserta didik dapat melaksanakan Asesmen Nasional dengan lancar dan sukses.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas,” harapnya.

Sebagai informasi, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. (Susilo)

You may also like...

1 Response

  1. Susilo Ibnu says:

    Semoga dpt membawa dampak positif utk sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *